Plt Gubernur Sumut Dorong MABMI Cetak SDM Handal

316 0
AUDIENSI MABMI. Plt Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi berfoto bersama dengan Ketum PB MABMI Syamsul Arifin gelar Dato’ Seri Lilawangsa dan sejumlah Panitia Muber PB MABMI ke X usai audiensi di ruang kerja Plt Gubernur Sumut, lantai 9 kantor Gubernur Sumut, Jl Diponegoro Medan, Kamis (5/11/2015).
AUDIENSI MABMI. Plt Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi berfoto bersama dengan Ketum PB MABMI Syamsul Arifin gelar Dato’ Seri Lilawangsa dan sejumlah Panitia Muber PB MABMI ke X usai audiensi di ruang kerja Plt Gubernur Sumut, lantai 9 kantor Gubernur Sumut, Jl Diponegoro Medan, Kamis (5/11/2015).

MEDAN. Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Ir H Tengku Erry Nuradi MSi mendorong Pengurus Besar Masyarakat Adat Budaya Melayu Indonesia (PB-MABMI) menjadi garda terdepan dalam mendorong pembangunan Sumut. Salah satunya mampu menelurkan Sumber Daya Manusia (SDM) handal dan tangguh dalam menyongsong era globalisasi.

Harapan tersebut dikemukakan Tengku Erry Nuradi saat menerima audiensi PB-MABMI dan Panitia Mubes PB MABMI ke X di ruang kerjanya lantai 9 kantor Gubernur Sumut, Jl Diponegoro Medan, Kamis (5/11/2015).

Hadir dalam audinsi tokoh Melayu sekaligus Ketua Umum (Ketum) PB MABMI Syamsul Arifin dengan gelar Dato’ Seri Lilawangsa, Panitia Mubes PB MABMI ke X Zaidan, Syahrin Tambuse, Azrin Marydha, OK Khairiza Putra, OK Faizal A Djalil, Wahid Khusyair dan sejumlah pengurus lainnya. Sedangkan Plt Gubernur Sumut didampingi Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Sumut Drs Elisa Marbun MAP.

Dalam kesempatan itu, Tengku Erry Nuradi mengimbau PB MABMI untuk mengembangkan organisasi dengan membentuk kepengurusan di 34 provinsi.

“Sesuai undang-undang keormasan, Pengurus Besar suatu organisasi harus memiliki sepertiga perwakilan dari provinsi yang ada. Minimal harus ada 11 PW MABMI di Indonesia,” saran Erry.

Selain itu, Erry juga mendorong PB MABMI memiliki strategi dalam menyiasati era globalisasi dan perkembangan ternologi. Salah satu upaya yang dapat ditempuh adalah dengan menyusun program yang berkaitan dengan keahlian Informasi Teknologi (IT) bagi anggota MABMI.

“Sudah saatnya MABMI memiliki lembaga pendidikan dalam upaya meningkatkan SDM generasi muda. Tantangan era glonalisasi semangakin tinggi. Untuk itu, generasi muda harus memiliki keahlian dan kecakapan berbagai hal. Jika tidak, kita hanya akan menjadi penonton di negeri sendiri,” sebut Erry.

MABMI juga merupakan organisasi strategis dalam mendorong perkembangan perekonomian nasional dengan membantu pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah, mendorong pertumbuhan ekonomi syariah berbasis kerakyatan.

“Kita juga berharap MABMI juga peduli akan pengembangan ekonomi kerakyatan. Salah satunya mendorong pertumbuhan UMKM dan ekonomi syariah,” harap Erry.

Audiensi MABMI_3_WEB_2Sementara Syamsul Arifin mengatakan, PB MABMI akan menggelar Musyawarah Besar (Mubes) ke X yang rencananya akan berlangsung selama 2 hari sejak 14 hingga15 November 2015 di Hotel Madani Medan dengan agenda diantaranyamengulas Laporan Pertanggungjawaban (LPj) PB MABMI periode 2009-2014, menyusun program kerja, memilih Ketua Umum (Ketum) dan pengurus PB MABMI periode 2015-2020.

Peserta Mubes ke X berasal dari Pengurus Wilayah (PW)  MABMI Sumut, PW MABMI DKI Jakarta, PW MABMI Kepulauan Riau (Kepri), PW MABMI Sumatera Selatan (Sumsel) dan 17 Pengurus Daerah (PD) MABMI Kabupaten/Kota di Sumut.

“Dari 17 Pengurus Daerah, ada 3 daerah yang belum Musda yaitu PD MABMI Batubara, Deli Serdang dan Sibolga. Kita berharap 3 PD MABMI itu sudah menggelar Musda sebelum Mubes berlangsung nanti,” ucap Dato’ Seri.

Syamsul juga mengimbau panitia Seteering Committee (SC) dan Organizing Committee (OC) serius dalam menyiapkan seluruh agenda Mubes nantinya, termasuk menyiapkan konsep dan program dengan baik.

“Program yang baik agar bermanfaat secara langsung bagi kemajuan masyarakat Melayu. Misalnya bidang ekonomi kerakyatan, pendidikan dan kesehatan, hendaknya menjadi fokus dan prioritas yang mesti dilaksanakan. Jangan muluk-muluk. Nanti sulit untuk dipahami apalagi dilaksanakan,” harap Dato’ Seri.

Syamsul juga mengingatkan kepada seluruh pengurus dan panitia harus kompak, disiplin dan serius menyukseskan Mubes MABMI ke X.

“Saat ini dibutuhkan inisiatif, kreatifitas, motivasi tinggi dan perbuatan nyata. Tidak hanya pandai becakap saja. Kepengurusan PB MABMI nantinya tidak terlau gemuk sampai ratusan orang. Yang penting bagi kita, sedikitpun kalau kerjanya bagus, disiplin, militan, energik, itu lebih baik”, ujar Syamsul. (fik/ucup)

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *