Gubsu Erry Lauching Binjai Smart City

302 0

bimjai-smart-city

BINJAI (tengkuerrynuradi.com) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi melakukan soft launching Binjai Smart City (BSC) di aula Pemko Binjai, Jumat (2/12). Binjai adalah kota pertama yang berhasil melaksanakan Smart City sesuai anjuran KPK guna menciptakan pemerintahan yang bersih, bebas KKN.

Erry menyebutkan, dari 33 kabupaten dan kota di Sumatera Utara dan dari 24 kabupaten yang mengikuti MoU, Binjai merupakan kota pertama yang berhasil melaksanakan smart city. ‘’Setelah ada di Binjai, daerah lain tidak harus studi banding ke Surabaya, cukup ke Binjai,’’ sebut Erry.

Peresmian soft launching Binjai Smart City disaksikan Ketua tim koordinasi supervisi pencegahan dan penindakan (Korsupgahdak) KPK Adlinsyah Nasution, Walikota Binjai HM Idaham, GM Telkom Witel Medan M Sibli, Direktur Politeknik Negeri Medan M. Syahruddin MT, dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Binjai.

Dalam kesempata itu, Gubsu Erry menjelaskan berbagai keuntungan dari pelaksanaan smart city. Salah satunya sebagai upaya encegah praktik KKN (korupsi, kolusi dan nepoteisme). Indek tentang korupsi, Indonesia kini sudah mulai membaik. Tindakan korupsi selama ini cukup memprihatinkan, dengan keterlibatan 16 gubernur,200 kepala daerah dan juga anggota DPR-RI dan DPRD.

smart-city

‘’Ini harus dijadikan pelajaran untuk mendatang. Adanya sistim on line dalam pelayanan,baik pajak, pelelangan dan perizinan serta administrasi kepegawaian akan mengurangi prektek KKN dan indikasi korupsi,’’ tandas Erry.

Sementara, Wali Kota Binjai Idaham menyebutkan soft launching Binjai Smart
City dapat terlaksana bekerjasama antara Pemko Binjai dengan Politeknik Negeri Medan dan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk Divisi Regional I Sumatera Witel Medan tentang pembangunan Binjai Smart City.

Tahap pertama lima aplikasi yang dilaunching, yaitu e-musrenbang, e-budgeting, e-sippadu, e-appointment, dan e-masyarakat. Aplikasi e-musrenbang dan e- budgeting merupakan hasil MoU dengan Pemko Surabaya. Sedangkan e –sippadu, e-appoinment dan e-masyarakat dibangun sendiri oleh Pemko Binjai, sebut Idaham. (suef/haslan)

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *