Gubsu Erry: Kemenag ‘Leader’ Kerukunan Beragama

279 0

MEDAN (tengkuerrynuradi.com) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi mengatakan peran Kementerian Agama (Kemenag) telah diuji untuk dapat bersikap adil dengan memperhatikan Hak Azasi Manusia (HAM) seseorang dalam memeluk agama dan keyakinannya.

“Kemenag sebagai ‘leader’ kerukunan harus mampu membuktikan bukan milik satu agama saja, namun milik semua agama. Mari kita bina umat kita masing-masing dan jangan ada satupun pemuluk agama yang tidak menerima ajaran agamanya,” sebut Gubsu Erry saat menghadiri resepsi dan syukuran peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama (Kemenag) ke-71 di halaman Kanwil Kemenag Sumut di Jalan Gatot Subroto Medan, Kamis (5/1/2017).

Syukuran ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Gubsu Erry dan di berikan kepada Kakanwil Kemenag Sumut Tohar Bayoangin, Rektor UIN Sumut Prof Saidurrahman dan beberapa mantan Kepala Kakanwil Kemenag Sumut.

Dalam kesempatan itu, Gubsu berharap Kementerian Agama bisa menjadi leader, pemersatu dan penyeluk bagi seluruh umat beragama yang ada di Indonesia. Oleh karenanya Kemenag beserta jajarannya harus bersinerji dengan stakeholder lainnya.

“Saya berharap pak Kanwil dan jajarannya termasuk ormas-ormas keagamaan, Pemda dan termasuk para media dalam rangka menjaga keutuhan NKRI,” ucap Erry.

Untuk mendukung kerukunan umat beragama ini, kata Erry, tentu haruslah ada upaya peningkatan kualitas pemahaman dan pengamalan agama. Kemenag bersama majelis agama dan tokoh agama perlu terus melakukan pembinaan umat beragama melalui pemberdayaan para penyuluh agama, pemberdayaan rumah ibadah, peringatan acara keagamaan, penyediaan kitab-kitab suci dan melalui kegiatan pelayanan keagamaan lainnya. Dengan kegiatan tersebut diharapkan dapat menumbuhkan sikap pemahaman umat beragama yang semakin kuat.

Dalam kontek pembangunan moral bangsa tentunya tidak terlepas dengan berbagai masalah yang sedang dihadapi bangsa saat ini. Dari masalah ekonomi, politik sosial dan keamanan sampai permasalahan moralitas dan identitas budaya.

Oleh karenanya Gubsu Erry mengajak seluruh masyarakat yang terdiri dari beraneka suku, agama, ras dan golongan untuk tetap menjalin persatuan dalam kebhinekaan tersebut. Peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke-71 diharapkan juga menjadi momentum peningkatan pelayanan Kementerian aAgama, khususnya dalam mempererat kerukunan umat beragamai Indonesia. (suef/haslan)

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *