Dijamu Makan Malam, Gubsu Erry Sebut Kepala Basarnas Punya Kenangan Tersendiri Dengannya

445 0

MEDAN (tengkuerrynuradi.com) : Sosok Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Madya FHB Sulistiyo memiliki kenangan tersendiri bagi Gubernur Sumut Ir HT Erry Nuradi.

Hubungan pertemanan yang sudah terjalin sejak dirinya menjabat Bupati Sergai pada 2007 lalu menyisakan kesan kerinduan antara seorang adik kepada abangnya. Sedangkan Sulistiyo menjabat Pangkosek Hanudnas III.

“Pak Sulistiyo ini abang saya, kakak saya. Makanya begitu mendengar dari Protokol kalau Pak Basarnas mau makan malam di Garuda. Langsung saya bilang Garudanya kita pindahkan ke rumah dinas. Alhamdulilah hari ini kita bersama-sama,” ujar Gubsu saat menjamu makan malam Ka Basarnas beserta jajaran Deputi dan rombongan di rumah dinas Gubsu Jalan Sudirman Medan, Selasa (10/1/2017).

Dikatakan Gubsu, rumah Dinas Gubernur memiliki historis yang dalam baginya. Dimana selama dua periode (1998-2008) abangnya Almarhum Tengku Rizal Nurdin menjabat sebagai Gubernur. Hanya saja pada 2005 sebelum berakhir periodesasi kepemimpinannya, Almarhum menghadap sang Khaliq dalam kecelakaan pesawat Mandala Airline.

“Ketika itu saya baru satu bulan menjabat Bupati. Tentu banyak sekali kenangan. Termasuk saat peristiwa Tsunami di Aceh. Sebagai generasi penerus bangsa tentu kita patut menghargai jasa-jasa pendahulu kita. Termasuk dengan Pak Sulistiyo meskipun kami berada pada jabatan masing-masing tapi hubungan silaturahmi harus terus terjalin. Bahkan kalaupun nanti kita tidak lagi berdinas tetaplah hendaknya hubungan ini terjaga,” harap Gubsu.

Dalam kesempatan itu, Gubsu kembali mengucapkan terimakasih atas kepercayaan Basarnas menempatkan Helikopter SAR di Medan. Erry berharap, keberadaan Heli ini akan memaksimalkan peran SAR dalam melaksanakan tugasnya memberikan bantuan dan pertolongan kepada para korban musibah maupun bencana alam.

Saat ini, lanjut Gubsu, telah banyak perubahan yang terjadi di Sumut pasca Sulistiyo tidak lagi menjabat Pangkosek. Salah satunya pembangunan infrastruktur jalan dan fasilitas umum lainnya. Hal ini tidak lepas dari dukungan pemerintah pusat termasuk Presiden RI Joko Widodo.

“Jalan tol kita terpanjang diluar pulau Jawa. Kita memiliki bandara yang salah satunya yang terbaik dengan memiliki akses train langsung ke bandara. Banyak perubahan yang terjadi saat ini di Sumut,” pungkasnya.

Bak gayung bersambut, Kepala Basarnas pun mengaku memiliki kesan yang cukup baik dengan Gubsu Erry Nuradi. Saat menjadi Pangkosek dirinya mengenal sosok Erry Nuradi sebagai Bupati Sergai yang sering membantu TNI AU baik yang di Kosek maupun di Lanud untuk menikmati fasilitas Pantai Cermin Thame Park. Termasuk kenangan dirinya dengan Rumah Dinas Gubernur tempat dilaksanakannya jamuan makan malam.

“Gedung ini mengingatkan elek-jelek menjadi bagian Forkopimda. Saat itu beliau masih Bupati. Kesannya satu beliau suka memberikan bantuan fasilitas untuk TNI AU. Seperti malam ini, ya Allhamdulillah beliau mengundang makan malam,” ujar Sulistiyo disambut tepuk tangan undangan yamg hadir.

Dalam kesempatan itu, Kepala Basarnas kembali mengatakan keberadaan heli SAR di Medan akan memudahkan kinerja SAR dalam melaksanakan tugas kemanusian dalam hal tanggap darurat di Sumut dan Provinsi sekitarnya.

“Kalau waktu bencana di Aceh kemarin saya harus menggerakan dua Heli dari Jakarta memakan waktu tujuh sampai lapan jam. Mudah-mudah untuk wilayah Sumut dan Provinsi lainnya cukup dua sampai tiga jam. Kedepan akan kita tempatkan Heli kita lainnya di Provinsi lain,” pungkasnya. (suef/haslan)

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *