Lantik Baznas, Gubsu Erry Sebut Potensi Zakat Dan Infak Sumut Besar

306 0

MEDAN (tengkuerrynuradi.com) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi melantik pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provsu periode 2016-2021 di aula Martabe kantor Gubsu Jalan Diponegoro Medan, Rabu (25/1/2017).

Pelantikan ditandai peluncuran program Zakat Community Development (ZCD) Kabupaten Langkat, pemberian beasiswa Baznas Tahun 2016-2017 dan penyerahan bantuan rumah layak huni kepada Wartinah.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Ketua Baznas RI Zainulbahar Noor, tokoh masyarakat Abdul Wahab Dalimunte, perwakilan MUI Sumut, perwakilan Kepala Daerah Kabupaten Kota se-Sumut, Ketua Baznas Kabupaten Langkat.

Adapun pimpinan Baznas Provsu yang dilantik yakni Ketua Drs Amansyah Nasution MSP, Wakil ketua I M Samin Pane, Wakil II Drs H Musadat Lubis, Wakil Ketua III Ir H Syarul Zalal MBA, dan Wakil ketua IV Drs H Syaiful MHum. Sedangkan susunan Pembina Baznas Provsu yakni Gubsu, Ketua DPRD Sumut, Sekda Provsu, Kakanwil Kemenag Sumut, dan Ketua MUI Sumut.

Dalam kesempatan itu, Gubsu berharap, kepengurusan yang baru dikukuhkan dapat bekerja maksimal sesuai amanah yang diberikan. Karena sesungguhnya potensi zakat dan infak di Sumut itu sangat besar sekali.

Namun selama ini belum tergarap secara maksimal. Salah satu kunci kesuksesan tugas pengelolaan zakat yakni adanya koordinasi yang baik Baznas dengan instansi, lembaga dan seluruh komponen masyarakat.

“Untuk itu saya berharap lembaga maupun instansi yang ada bisa secara kolektif memberikan zakat maupun infaknya melalui ke Baznas sehingga bisa dikumpulkan dan bisa digulirkan kepada umat yang sangat membutuhkannya,” harap Gubsu.

Sementara itu, Wakil Ketua Baznas RI Zainulbahar Noor berharap akan banyak kegiatan yang bisa dilakukan oleh Baznas Provsu yang baru dikukuhkan. Zainulbahar Noor juga berterima kasih kepada Gubsu yang bersedia hadir dalam pengukuhan sekaligus menyaksikan pemberian bantuan beasiswa kepada para pelajar dan mahasiswa dalam program Baznas RI.

Dalam kesempatan itu, Zainulbahar Noor juga mengatakan, berdasarkan pengumpulan zakat Baznas RI di bulan Desember lalu pihaknya menyalurkan sebanyak Rp26 miliar untuk 34 Provinsi yang masing-masing sekitar Rp700 miliar lebih dan sebagian pengumpulan dari Baznas daerah.

Pihaknya juga memiliki program pembangunan daerah miskin di Sumut dan MoUnya telah ditandatangani antara Baznas RI, Gubsu, rektor USU, Baznas Provsu, Baznas Langkat dan Bupati Langkat. Berdasarkan hasil riset yang dilakukan USU maka dipilih tiga daerah di Kabupaten Langkat yang akan mendapat bantuan pembangunan daerah miskin yakni desa Sicanggang, Desa Selontong dan Desa Pantai Gading.

“Bulan depan kita Launching dan kita akan menyerahkan dokumen ketiga daerah ini kepada Pak Gubernur,” ujarnya. (suef/haslan)

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *