Asahan 71 Tahun, Gubsu Erry Minta Bangkitkan Kejayaan Sepatu Bunut

52 0

KISARAN (tengkuerrynuradi.com) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H Tengku Erry Nuradi meminta para pengrajin bersama Pemkab Asahan dan stakeholder terkait membangkitkan kembali era kejayaan sepatu Bunut Asahan yang terkenal dimasa itu.

“Sejak duduk dibangku sekolah, sepatu Bunut (sepatu kulit) asal Asahan ini sudah dikenal dan diminati masyarakat luas,” cetus Gubsu Erry saat membuka Asahan Expo 2017 dalam rangka Hari Jadi ke-71 Kabupaten Asahan di lapangan PSPB Kisaran, Rabu (16/3/2017).

Hadir Bupati Asahan Taufan Gama Simatupang, Wakil Bupati Asahan Surya, Ketua DPRD Asahan Benteng Panjaitan, unsur Forkopimda Asahan, Ketua TP PKK Provsu Evi Diana Erry, Bupati Batubara OK Arya, Pj Wali Kota Tebing Tinggi OK Zulkarnain, sejumlah SKPD Provsu, SKPD Asahan, camat, kepala desa, ribuan masyarakat Asahan, tokoh agama dan undangan.

Dalam kesempatan itu, Gubsu Erry mengingatkan betapa pentingnya menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) handal yang didukung pemerintah daerah dan stakeholder lainnya untuk mengembangkan sepatu bunut tersebut.

“Tidak hanya keberhasilan pembangunan dalam pencapaian kesejahteraan suatu daerah bukan hanya karena memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah, tetapi juga diperlukan SDM yang terampil dan kreatif sehingga SDA dapat dikelola secara maksimal,” ujar Erry.

Lebih lanjut Erry mengatakan, kemeriahan Hari Jadi Asahan yang ditandai dengan dilaksanakannya pameran pembangunan ini tentunya menjadi nuansa tersendiri. “Dengan digelarnya pameran pembangunan, tentunya kita dapat melihat sejauh mana keberhasilan kegiatan pembangunan yang telah kita laksanakan setiap tahunnya. Disamping itu, juga sebagai ajang promosi terhadap potensi yang ada di daerah ini,” tutur Erry.

Saat ini, sejalan dengan kebijakan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), kita harus memanfaatkan peluang dan kesempatan untuk bersaing secara bebas dan terbuka dengan negara lain. Janganlah ketidakmampuan kita dapat menjadikan negara kita sebagai pasar bagi produk negara lain. “Jadikan negara kita sebagai tuan rumah di negeri sendiri,” ucap Erry.

Tak lupa, Gubsu Erry mengajak semua elemen masyarakat Sumut, agar mencintai produk dalam negeri dan menghimbau para pengusaha dapat meningkatkan mutu dan kualitas produknya, sehingga berkontribusi positif terhadap perekonomian dengan penyerapan tenaga kerja.

“Dirgahayu ke-71 Kabupaten Asahan, semoga semakin jaya dan pembangunan semakin meningkat sehingga dapat tercapainya kesejahteraan masyarakat Asahan,” tutup Erry dalam pidatonya.

Sebelumnya, Bupati Asahan Taufan Gama mengajak seluruh masyarakatnya agar berperan aktif dalam mensukseskan pembangunan untuk mewujudkan Sumut yang berdaya saing dimasa mendatang.

Pameran pembangunan yang merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian Peringatan Hari Jadi dilaksanakan sejak tanggal 15 sampai 21 Maret 2017. Diikuti 77 peserta dari Forkopimda, SKPD, Camat, PKK, DWP, Perbankan, Instansi Vertikal, BUMD dan UKM serta 80 kuliner yang ada di Kabupaten Asahan ini, jelas Taufan Gama.

Pembukaan pameran ditandai dengan pembunyian serine dan penerbangan burung merpati oleh Gubsu Tengku Erry Nuradi bersama unsur Forkopimda Asahan serta penerbangan balon dan pengguntingan pita di stan pameran oleh Ketua TP PKK Provsu Evi Diana Erry. (suef/haslan)

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *