Dihadiri Menkum HAM, Gubsu Erry Pukul Gong 13 Kali Buka Sidang Sinode ONKP XIII Di Nias Barat

324 0

NIAS BARAT (tengkuerrynuradi.com) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi membuka Pelaksanaan Sidang Sinode Orahua Niha Keriso Protestan (ONKP) XIII dan HUT ke 65 Gereja ONKP di Desa Onolimbu, Kabupaten Nias Barat, Selasa (11/4/2017).

Dalam sambutannya, Gubsu Erry mengatakan, Sidang Sinode ONKP XIII sangat besar manfaatnya, sebagai forum komunikasi dan informasi diantara sesama pengurus, pendeta dan warga jemaat.

“Sidang Sinode juga merupakan suatu momentum yang penting untuk melihat kembali sampai sejauh mana hasil-hasil yang telah dicapai selama ini untuk selanjutnya dijadikan sebagai bahan perbandingan dalam menyusun dan menetapkan program kerja untuk masa yang akan datang,” ujar Gubsu.

Gubsu juga mengatakan pelaksanaan sinode ini adalah untuk kesinambungan gereja ONKP ke depan, karena pada sinode ini diharapkan lahir gagasan gagasan baru untuk lebih memajukan peran serta gereja ONKP dalam pembinaan jemaat dan peran sertanya dalam proses pembangunan keagamaan maupun pembangunan sosial kemasyarakatan khususnya di Kabupaten Nias Barat dan di Provinsi Sumatera Utara.

“Tugas dan tanggung jawab gereja ONKP ke depan akan semakin banyak dan kompleks. Karena itu kepada seluruh peserta, saya harapkan dapat mengambil keputusan dengan arif dan bijaksana yang dilandasi dengan iman dan kasih Tuhan, sehingga rasa kebersamaan, persatuan dan kesatuan dapat terpelihara dengan baik,” sebut Erry.

Hal senada juga disampaikan oleh Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia (Menkum HAM) Yasonna Laoly. Dalam sambutannya Yasonna mengatakan agar pemimpin yang terpilih dari hasil Sinode tidak hanya membawa gereja kepada peran keagamaan semata namun juga dalam bidang kemasyarakatan.

“ONKP harus menjadi organisasi yang mandiri dan mengambil peran dalam pembangunan nasional khususnya dalam pembangunan pulau Nias,” kata Yasonna.

Usai memberikan sambutan Yasonna pamit kebali ke Jakarta. Pembukaan sidang sinode dilakukaan pemukulan gong sebanyak 13 kali oleh Gubsu. Dalam pembukaan sidang sinode Kakanwil Kemenag Sumut Tohar Bayoangin menyerahkan surat hibah tanah kepada ONKP.

Hadir disitu anggota DPR RI Marinus Gea, Ketua PGI Pusat Hendriyete Talebang, Kanwil Kemenkum HAM Sumut Ibnu Khuldun, Bupati Nias Selatan Hilarius Duha, Wakil Bupati Nias Selatan Sozanolo Ndruhu, Bupati Nias Barat Faduhusi Daely, Wali Kota Gunung Sitoli Lakhomizaro Zebua, Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruhu, Wakil Bupati Nias Utara Haogosochi Hulu, Wakil Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu, tokoh masyarakat Firman Jaya Daely, Ephorus ONKP Pdt.Fatieli Gulo, Ephorus BNKP Pdt.Tuhoni dan Forkompimda Nias Barat.

Kehadiran Gubsu disambut meriah oleh warga jemaat ONKP dan masyarakat umumnya. Jemaat dan warga Nias Barat tampak antusias dengan kehadiran Gubsu. Antusiasme terlihat dengan banyaknya jemaat maupun masyarakat yang ingin berfoto bersama Gubsu Tengku Erry dan sebagian lagi mencoba menyampaikan pertanyaan dan harapannya terhadap Gubsu. (suef/haslan)

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *