Gubsu Tengku Erry: Ini Proyek Prioritas Nasional Di Sumut Yang Ditampung RKPD 2018

108 0

MEDAN (tengkuerrynuradi.com) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi mengatakan ada beberapa proyek prioritas nasional di Sumut yang telah ditampung dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2018.

“Beberapa proyek itu yakni pengembangan destinasi wisata Danau Toba. Ini meliputi pelebaran Jalan Tele-Pangururan-Nainggolan-Onan Runggu dan Jalan Pangururan-Ambarita-Tomok- Onanrunggu,” sebut Gubsu Erry dalam sambutan pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Sumut 2017 dan RKPD Sumut untuk 2018 di Hotel Santika Medan, Selasa (18/04/2017).

Selanjutnya pembangunan jalan bebas hambatan Medan-Kualanamu-Tebingtinggi. Pembangunan sarpras ekowisata pada kawasan konservasi di Danau Toba. Percepatan operasionalisasi Badan Otorita Danau Toba. Pembangunan Jalan Tampahan-Meat batas Tapanuli Utara, Simpang Jalan Negara-Onan Tambak Tarabunga, Sibulele-Bonan Dolok, Janji Maria-Lumbangaol. Selanjutnya Simpang III Muara-Hutaginjang. Tongging – batas Kabupaten Dairi. Tongging-Sibolangit-Peapira.

Selain kawasan Danau Toba, proyek lainnya yang ditampung dalam RKP 2018 yakni infrastruktur bagi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangke. Pembangunan ini meliputi pembangunan jalan bebas hambatan Medan-Kualanamu.

Pembangunan jalan kereta api antara Bandar Tinggi ke Kuala Tanjung. Pembangunan fasilitas Pelabuhan Belawan. Pembangunan Jalan Ujung Kubu- Simpang Posko, Simpang Sianam- Gambus, Indrapura-Pagok (Batas Simalungun). Pembangunan Jalan Simpang Pasar Baru-Sei Bejangkar Batas Kabupaten Batubara, Tanah Jawa-Boluk, Perdagangan-Indrapura Kabupaten Batubara.

“Ada juga hal lain yang menurut hemat kami perlu menjadi perhatian Pemprovsu untuk ditampung pada RKP tahun 2018,” kata Gubsu.

Beberapa proyek tersebut antara lain pembangunan jalan alternatif Medan-Berastagi. Pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) dan Monorel (Mebidangro). Spam regional KSN Mebidangro. Pembangunan Bendung Lau Simeme. Pengembangan kota baru melalui pembangunan kawasan terpadu bandara (aetropolis).

Pengembangan Pelabuhan Palimbungan Ketek di Kabupaten Mandailing Natal. Pengembangan Bandara Silangit di Taput, Aek Godang di Tapsel, Pinangsori di Tapteng, Binaka di Gunung Sitoli dan pengembangan Bandara Sibisa yang berada di Kabupaten Samosir.

Dalam Musrenbang ini turut dilakukan penandatangan kesepakatan pendanaan bersama Pilkada 2018 di Provinsi Sumut yakni Provinsi Sumut, Deli Serdang, Langkat, Batubara, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Tapanuli Utara, Dairi dan Kota Padang Sidimpuan. (suef/haslan)

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *