Gubernur Minta Satpol PP Kedepankan Langkah Preventif Dan Peka Terhadap Perkembangan Sosial Masyarakat

1146 0

BINJAI (tengkuerrynuradi.com) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Tengku Erry Nuradi meminta dan menekankan kepada seluruh jajaran personil di Sumut untuk mengedepankan langkah preventif dan peka terhadap perkembangan sosial di masyarakat.

‘’Satpol PP dan Linmas juga harus mengedepankan langkah preventif dan peka dengan kondisi sosial dilingkungan masing-masing,’’ tandas Gubsu Tengku Erry saat bertindak sebagai inspektur upacara peringatan HUT ke-67 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan HUT ke-55 Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) di Lapangan Merdeka Kota Binjai, Senin (22/5/2017).

“Saya apresiasi setinggi-tingginya kepada Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi dan Kabupaten/Kota. Inilah semangat korps yang dijunjung tinggi sebagai garda terdepan dalam menegakkan Peraturan Daerah (Perda) serta melaksanakan ketertiban dan ketentraman,” ujar Gubernur Erry dalam amanatnya.

Meskipun di Sumut, diakuinya, perbedaan suku dan adat istiadat menjadi hal yang lumrah, namun rasa kesatuan sesama satu korps menjadi hal yang harus dijunjung tinggi oleh seluruh personil Satpol PP dan Sat Linmas. “Saya berikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Satpol PP dan Linmas atas pengabdiannya memberikan perlindungan, khususnya demi mewujudkan ketentraman kepada masyarakat,” sebut ERry.

Disampaikan Gubernur, amanat Undang-undang 23/3014 telah memberikan keleluasaan kepada pemerintah daerah dalam menyusun Perda. Karenanya kewenangan itu harus dimanfaatkan sebaik-baiknya melalui penyusunan Perda yang kreatif, inovatif dan representatif sesuai aturan perundang-undangan yang ada.

“Tentunya semangat menetapkan Perda juga harus selaras dengan penegakannya. Dengan didukung sarana dan prasarana dan anggaran di APBD, Satpol PP yang didukung dengan Sat Linmas harus dimanfaatkan secara optimal,” kata Gubernur.

Dirinya juga menyampaikab pesan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), mengharuskan keterlibatan Satpol PP dalam komunikasi dengan pihak intelejen agar segala persoalan bisa direspon cepat dan tepat. Apalagi komponen seperti Linmas, bersinggungan langsung ke masyarakat.

Dirinya juga mengharapkan, pemerintah pusat memberikan fasilitas berupa pelatihan bersama untuk meningkatkan kinerja Satpol PP. Hal tersebut agar aparatur keamanan di pemerintahan tersebut handal, berwawasan luas serta mampu menjalankan tugas dengan baik dan maksimal.

“Salah satu contoh adalah pelaksanaan Pilkada yang baru saja selesai (Februari 2017). Kita apresiasi kerja Satpol PP dan Linmas dalam mengawal proses demokrasi di Sumut. Di mana pengamanan aset dan alat peraga serta ketertiban masyarakat menjadi tugas yang diemban para personil tersebut. Khusus kepada Linmas yang telah sukarela mengamankan TPS. Sehingga kondisi kondusif ini dapat terbina dengan baik antara pemerintah dan masyarakat. Begitu juga dengan seragam yang ada, mencerminkan kewibawaan yang harus dijaga. Terutama dalam menegakkan aturan dan menjaga ketertiban umum,” sebut Erry.

Terkait penegakan Perda, Gubernur menekankan perlunya peran Satpol PP bekerjasama dengan seluruh instansi terutama soal pajak dan retribusi daerah serta aset negara. “Bagaimana mendongkrak pendapatan asli daerah, serta menyelamatkan kekayaan daerah agar tidak berpindah tangan.

“Karenanya harus ada perencanaan yang matang, koordinasi yang baik dan menumbuh kembangkan jiwa satuan, memberikan pelayanan cepat dan tepat dalam mengatasi masalah ketentraman dan ketertiban,” ucap Erry.

Erry juga mengimbau kepada seluruh Satpol PP dan Linmas provinsi dan kabupaten/kota, untuk membuka ruang dialog kepada masyarakat. Sehingga perubahan yang terjadi, bisa diambil langkah preventif dalam penyelesaiannya. “Gelar operasi rutin dan tingkatkan jejaring kerja kepada pihak yang mendukung fungsi dan peran Satpol PP dan Linmas,” tegas Erry.

Pada upacara tersebut, Gubernur juga melaksanakan pemeriksaan kesiapan pasukan seribuan personil Satpol PP dan Linmas se-Sumut dari kabupaten/kota. Sementara peringatan HUT ditandai dengan pelepasan balon, burung merpati serta atraksi dari Satpol PP dan Linmas Kota Binjai sebagai tuan rumah.

Hadir dalam upacara, Wali Kota Binjai HM Idaham, Bupati Sergai Soekirman, Kasat Pol PP Provsu Asren Nasution, FKPD Kota Binjai. Sementara Gubernur didampingi Kadis SDA dan Cipta Karya, Kadis Sosial, Dinas Kominfo dan Kabag Humas Indah DK. (suef/haslan)

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *