Terima Utusan Arab Saudi, Gubernur Tindaklanjuti Pembangunan Kampus LIPIA

88 0

MEDAN (tengkuerrynuradi.com) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi menerima utusan Duta Besar Arab Saudi Osamah Mohammed Al Shuibi dalam rangka mendindaklanjuti pembangunan kampus cabang Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) di Provinsi Sumatera Utara, Kamis (8/6/2017).

Utusan Dubes Arab Saudi, Naser Al Ghamdi membawa dan menyerahan surat Dubes untuk menindaklanjuti kerjasama dua belah pihak dalam rencana pembangunan kampus LIPIA-Medan.

“Kami akan segera membalas surat ini, dan kita harapkan pembangunan kampus LIPA kerjasama Indonesia dan Arab bisa segera ditindaklanjuti sehingga dapat segera dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Sumatera Utara,” ujar Erry Nuradi.

Seperti diketahui, jelas Erry, Pemerintah Arab Saudi dan Indonesia telah melakukan perjanjian kerjasama beberapa waktu lalu baik pada saat kunjungan Presidan Joko Widodo ke Arab Saudi, maupun juga pada saat kunjungan Raja Salman. “Salah satu item kerjasamanya adalah membangun kampus dimana salah satu diantaranya akan dibangun di Sumatera Utara,” jelas Erry.

Sebelumnya, Gubsu Erry Nuradi telah menerima kehadiran Rektor Universitas Islam Imam Muhammad bin Saud Kerajaan Arab Saudi, Prof Sulaiman Abdullah Abalkhail dan Dubes Osamah Mohammded beserta rombongan di ruang kerjanya Lantai 10 Kantor Gubsu Jalan Diponegoro Medan Senin (10/4/2017).

Pada pertemuan tersebut, Gubernur menyampaikan keinginan Pemprov Sumut untuk ikut berkontribusi pada pembangunan kampus LIPIA di Sumut melalui penyedian lahan seluas 3 ha. Erry Nuradi menyambut baik rencana pembangunan kampus LIPIA mengingat warga Sumut sekitar 70 persen penduduknya beragama Islam.

Utusan Dubes Arab Saudi, Naser Al Ghamdi mengungkapkan pihaknya senang atas kerjasama dua negara dimana dalam hal ini fokus pada aspek pendidikan.

Dijelasksannya, LIPIA sudah berdiri selama 40 tahun. Dengan dibukanya cabang LIPIA di sini pihaknya berharap penduduk Sumut bisa memanfaatkan lembaga ini.

Dia menjelaskan, Arab Saudi membuka LIPIA di beberapa negara namun menurutnya LIPIA Indonesia yang terbaik. Hal itu dikarenakan antusiasme masyarakat Indonesia yang luar biasa dan banyaknya dilaksanakan kerjasama. (suef/haslan)

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *