Hingga Lewat Tengah Malam, Gubsu Erry Ikut Bahas P-APBD Asahan 2017

228 0

KISARAN (tengkuerrynuradi.com) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi menyempatkan diri mengikuti pembahasan P-APBD Kabupaten Asahan yang dipimpin Bupati Asahan Taufan Gama Simatupang, Jumat (09/06/2017) malam.

Pada rapat yag digelar hingga lewat tengah malam di pendopo rumah dinas Bupati itu, Gubernur ikut memberi masukan dan saran agar P-APBD Asahan lebih bermanfaat bagi masyarakat luas.

Dalam kesempatan itu, Gubsu ikut menyimak paparan kepala SKPD di lingkungan Pemkab Asahan tentang usulan Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (P-APBD) Kabupaten Asahan tahun anggaran 2017. “Dari yang saya simak, usulan-usulan program dan kegiatan memiliki standar cukup baik, harus bisa menyentuh masyarakat,” kata Erry.

Gubenur mengungkapkan kegembiraannya bisa ikut membahas anggaran PAPBD Kabupaten Asahan di sela-sela kunjungan kerja Safari Ramadhan 1438 H tersebut. Dia berharap, melalui perencanaan yang baik PAPBD Asahan bisa lebih bermanfaat bagi masyarakat.

Pada saat itu, Gubsu Erry dan Bupati Taufan menyimak pemaparan beberapa Kepala Dinas, diantaranya Dinas Pendidikan dan Kepala Dinas PU setempat. Erry yang baru saja merampungkan studi doktor perencanaan wilayah di sekolah Pasca Sarjana USU ini ikut mengupas dan membahas beberapa item usulan PAPBD sampai ke hal teknis.

Salah satu yang menjadi penekanan Gubsu adalah pembangunan yang dilaksanakan melalui berbagai program dan kegiatan harus dalam upaya memenuhi dalam target RPJMD.

Dia mengingatkan, agar dalam perencanaan dan penganggaran Pemkab Asahan selalalu merujuk pada target RPJMD. “Kalau ingin capai RPJMD yang merupakan jabaran visi misi, maka harus konsisten. Semua SKPD harus memahami RPJMD. Kalau ada yang tidak fahami berarti SKPD tidak memiliki rasa memiliki, perlu dievaluasi. Semua SKPD harus punya target RPJMD yang di breakdown setiap tahunnya dalam APBD,” kata Erry.

Gubsu juga mengingatkan, dalam penyusunan PAPBD hendaknya menghindari kegiatan tender karena waktunya yang singkat. Gubsu menyarankan agar dalam kegiatan pengadaan barang bisa menggunakan sistem e-katalog karena lebih aman dari risiko pelanggaran ketentuan.

Lebih jauh Gubsu menjelaskan, pemerintah menargetkan 2019 tidak ada lagi tender. “Nanti semua akan menggunakan e-katalog. Ini yang paling aman, pengadaan barang tinggal diklik tidak perlu tender. Ini perlu disosialisasikan,” katanya.

Bupati Asahan Taufan Gama Simatupang yang memimpin jalannya rapat mengaku saran dan arahan Gubsu menjadi masukan yang berharga. “Terimakasih Pak Gubsu, terus terang ada beberapa hal yang kami agak lalai, terimakasih sudah memberi arahan,” kata Taufan.

Sebelumnya Gubsu berbuka bersama dengan warga Kota Tanjung Balai dalam rangkaian kegiatan Safari Ramadhan Pemprovsu. Usai membahas PAPBD, hanya selang beberapa jam kemudian Gubsu kembali menghadiri kegiatan sahur bersama tokoh masyarakat dan SKPD Asahan bersama Tim Safari Ramadhan Pemprovsu. (suef/haslan)

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *