16 Aplikasi e-Government Sergai Rampung, Gubernur Minta Terus Dikembangkan

51 0

SERDANG BEDAGAI (tengkuerrynuradi.com) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi resmi meluncurkan aplikasi e-Government Pemkab Serdang Bedagai (Sergai) di halaman kantor bupati di Sei Rampah, Selasa (11/07/2017).

Peluncuran sistem pemerintahan berbasis elektronik itu disaksikan Bupati Serdang Bedagai Soekirman dan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany.

Hadir juga disitu Wakil Bupati Sergai Darma Wijaya, Ketua PKK Sumut Evi Diana Br Sitorus, Ketua DPRD Sergai Syahlan Siregar, Kapolres AKBP Eko Suprohanto, Kajari Jabbal Nur, Bupati Banyuwangi yang diwakili Kadis Kominfo Budi Santoso, Ketua MUI Lukman Yahya, Kasdim 0204/DS, anggota DPRD dan SKPD Sergai.

Gubsu Tengku Erry Nuradi dalam kesempatan itu berharap, penerapan aplikasi e-Government dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Erry pun meminta Pemkab Serdang Bedagai dapat mengembangkan terus aplikasi sesuai dengan kebutuhan masyarakat di daerah ini. “Penerapan aplikasi ini agar memberikan pelayanan yang lebih berkualitas kepada masyarakat dan dunia usaha di ‘Tanah Bertuah Negeri Beradat’ melalui pelayanan yang modern dan inovatif, transparan dan lebih interaktif,” sebut Erry.

Aplikasi e-Governmnet merupakan upaya untuk meningkatkan pelayanan dengan memanfaatkan jaringan elektronik berbasis online. Upaya ini diharapkan akan memberikan dampak positif dalam mendekatkan pelayanan publik sehingga kehadiran pemerintah dapat dirasakan langsung oleh masyarakat dan memberikan kemudahan dalam pelayanan serta efesiensi waktu.

Meski bukan yang pertama (setelah sebelumnya Pemko Binjai, Kabupaten Pakpak Barat dan Pemko Medan), Sergai melaunching kembali 8 aplikasi berbasis e-Government baru sehingga sekarang 16 aplikasi siap diterapkan.

Sebelumnya, Bupati Sergai Soekirman mengatakan bahwa tujuan penerapan e-Government untuk menciptakan pemerintahan yang efektif, efesien, karena lebih murah, akuntabel, mudah terpantau secara elektronik.

Selain itu juga untuk monitoring evaluasi dan sistem pelaporan lingkup Pemkab Sergai karena segala bentuk informasi, data dari setiap OPD dapat dikomunikasikan melalui email masing-masing.

Serta segala bentuk laporan kegiatan bahkan absensi pegawai dapat dilakukan secara digital sehingga pelaksanaan tupoksi masing-masing OPD dapat terpantau secara cepat.

Dijelaskan juga pada hari ini ada 8 aplikasi yang di soft launching sehingga semuanya berjumlah 16 aplikasi, diantaranya yaitu ke-1, Sistem Informasi Keuangan Daerah (SIKD) merupakan aplikasi yang terintegrasi dari sistem perencanaan (e-planning), penganggaran budgeting dan sistem e-pelapor.

Ke-2, Sistem Informasi Pelayanan Perizinan Terpadu (SIPINTER) merupakan sebuah aplikasi untuk mempermudah pelayanan perizinan secara oline. Ke-3, e-Kinerja yaitu untuk mengukur dan memonitoring tingkat kinerja PNS, ke-4, Layanan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR), ke-5 Go-Jak (Go-Pajak) merupakan sebuah aplikasi untuk penyampaian pelaporan pajak secara online dan real time.

Kemudian ke-6, Go-Sip (Go-Sistem Informasi Pajak) yang bertujuan untuk melakukan pembayaran, pelunasan dan penunggakan PBB, ke-7, Sistem Informasi Surat Masuk dan Keluar (SISUMAKER) adalah aplikasi surat menyurat perkantoran semuanya dilakukan tanpa kertas.

Selanjutnya ke-8, aplikasi Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG), ke-9, Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). Sedangkan untuk memudahkan masyarakat memperolah informasi, Pemkab Sergai juga menghadirkan Media Center yang masuk dalam urutan ke-10.

Ke-11, Untuk menampung berbagai aspirasi dari masyarakat juga tersedia aplikasi Sarana Pengaduan dan Aspirasi (SAPA), ke-12 adalah aplikasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), ke-13 aplikasi Sistem Informasi Geografis Integrasi Sergai (SIGIS), ke-14 e-Dokumen, ke-15 Sistem Informasi Managemen Kepegawaian Administrasi Pembayaran -Tunjangan Profesi Guru (SIKAP-TPG) dan ke-16 adalah aplikasi Absensi Online.

Pada kesempatan yang sama Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, sangat mendukung atas dilaunchingnya aplikasi e-Government ini.

“Kini tidak ada lagi studi banding, yang ada studi tiru. Apa yang telah diterapkan di Tangsel kini telah diterapkan di Sergai. Dengan diaplikasikannya SISUMAKER di Kabupaten ini pejabat publik dapat melaksanakan tugasnya tanpa mengenal batasan tenpat dan waktu. Beberapa waktu lalu juga Pemkot Tangsel dengan Pemkab Sergai telah mengikat MoU untuk aplikasi e-Government ini. Oleh karenanya mari kita tingkatkan kinerja sesuai dengan tupoksi dan kerjasama dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” ucap Airin. (suef/haslan)

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *