Tengku Erry: Liga Santri Mencari Bibit Sepakbola Handal Dari Pesantren

684 0

MEDAN (tengkuerrynuradi.com) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi resmi membuka Liga Santri Nusantara 2017, Region Sumatera III di kompleks Pondok Pesantren, Islamic Center Jalan Williem Iskandar Medan, Sabtu (26/08/2017).

Hadir Ance Selian (penanggung jawab Liga Santri Nusantara 2017), Ketua KONI Sumut Jhon Ismani Lubis, Ketua 1 Islamic Center Muin Isman Nasution, Ketua II Islamic Centre Sumut Maratua Sumanjuntak, Kadisporasu Baharuddin Siagian.

Penyelenggaraan kompetisi yang bergengsi bagi atlet sepakbola yang dibina pesantren-pesantren di Kabupaten/kota se Sumatera sangat baik guna memunculkan atlet sepakbola berbakat dari lingkungan pesantren tersebut.

“Dengan kegiatan ini kita berharap dapat meningkatkan silaturahmi diantara santri dan akan terjaring santri-santri muda yang berbakat dan potensial sebagai cikal bakal atlet sepakbola nasional yang pada gilirannya akan mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah Internasional,” ujar Erry.

Oleh karena itu Tengku Erry kagum dengan potensi para santri dibidang olehraga khususnya sepakbola, sebab meski pendidikan agama khususnya menghafal Alquran sebagai prioritas namun untuk bidang lain seperti olahraga sangat potensi.

“Pada umumnya pembinaan sepakbola dilakukan dilakukan diluar kegiatan-kegiatan pesantren, tapi kita melihat akhir-akhir ini potensi sepakbola berbakat juga ada lahir dari pondok pesantren,” tutur Erry.

Oleh karena itu Gubsu Erry mengatakan, pemerintah sangat mendukung dan tetap mendorong agar kompetisi Liga Santri ini dapat dilakukan secara berkesinambungan dan berjenjang mulai dari U-12, U-14, U-16, U-18 dan U-19 sehingga pembinaan olahraga sepakbola di Sumut berjalan baik.

Selain itu kegiatan Liga Santri Nusantara untuk mencapai prestasi juga dapat dijadikan sebagai media mempererat silaturahmi diantara santri sehingga pertukaran informasi pengetahuan diantara santri dapat terjalin dengan erat. ‘’Para santri yang diberikan ilmu agama (rohani), juga sangat penting dibekali juga dengan jasmani yang kuat,’’ ucap Erry.

Sementara Ance Selian selaku penanggungjawab Liga Santri Nusantara Region Sumatera III mengatakan bahwa Liga Santri ini diikuti oleh 14 tim, dan juga digelar di sejumlah kota di Sumut antara lain Madina 16 tim, di Asahan 6 tim dan di Paluta bergulir pekan depan. (***)

Editor: suef/haslan

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *