Tengku Erry Kembali Pimpin Masyarakat Ekonomi Syariah Sumut

148 0

MEDAN (tengkuerrynuradi.com) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi mengatakan bahwa ekonomi syariah mampu mengerakkan perekonomian umat Islam.

“Peran serta masyarakat khususnya umat muslim dalam ekonomi syariah harus dikembangkan sebab banyak potensi ekonomi syariah terlaksana dengan maksimal,” ucap Tengku Erry pada Musyawarah Wilayah Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumut di Gedung Bina Graha Jalan Dipenegoro Medan, Sabtu (7/10/2017).

Hadir pada acara tersebut Pegurus Pusat MES Adi Pramana, Ketua Dewan Penasehat MES Sumut Prof Yasir Nasution serta pengurus dan anggota Sumatera Utara, pimpinan perbankan, akademisi dan undangan.

Dalam kesempatan itu, Erry menjelaskan, bahwa sistem ekonomi modern atau kovensional sudah mengakui bahwa sistem ekonomi syariah yang mengatasi krisis. “Oleh karena itu baik pemerintah maupum pihak swasta dan masyarakat harus berperan serta memajukan ekonomi syariah ditengah masyarakat,” ucap Erry.

Berdasarkan catatan dari Bank Indonesia, tren ekonomi syariah terus meningkat, potensinya juga luar biasa. Ekonomi syariah bukan hanya berhubungan dengan keuangan melainkan juga dengan non keuangan.

“Mungkin selama ini kita mengenal dengan bank-bank syariah yang didalamya, tetapi hari ini juga berkembang berbagai ekonomi syariah non bank misalnya rumah makan halal yang kita dorong dengan sistem syariah, travel wisata syariah, hotel juga bidang lainnya,’’ tutur Erry.

Bertepatan dengan Muswil MES Sumut ini, Erry juga mengajak untuk dapat melihat langsung pameran produk-produk syariah baik non keuangan maupun hasil produksi UKM di lapangan Merdeka Medan. “Pameran Festival Ekonomi Syariah Regional Sumut yang dibuka tadi malam (Jumat-red) itu dilakukan oleh Bank Indonesia, disana kita bisa melihat tak hanya perbankan syariah juga produk-produk syariah lainnya,” sebut Erry.

Melihat potensi ekonomi syariah terus berkembang, Tengku Erry yang kembali mendapat kepercayaan menjadi Ketua Umum MES Sumut periode 1439 hijriah- 1441 hijriah bertekat mengembangkan masyarakat ekonomi syariah dan tentunya tak terlepas dari pengurus MES periode ini.

Sementara Ketua FKUB Sumut Maratua Simanjuntak yang juga pengurus MES menyampaikan terpilihnya kembali Gubsu Tengku Erry dikarenakan masih memiliki potensi besar untuk mengembangkan ekonomi syariah kedepan juga lebih maju lagi.

“Muswil MES berbeda pemilihan ketua pada muswil pada umumnya, karena kita mengutamakan sila ke-4 Pancasila yaitu musyawarah dan mufakat maka terpilihlah Dr Ir HT Erry Nuradi MSi kembali sebagai Ketua Umum MES Sumut,” ujarnya. (***)

Editor: suef/haslan

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *