Gubernur Buka MTQN Ke-36 Sumut Di Dairi, Jadikan Alquran Sebagai Nafas Dan Pegangan Hidup

900 0

SIDIKALANG (tengkuerrynuradi.com) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-36 tingkat Provinsi Sumatera Utara di Kabupaten Dairi, Rabu (22/11/2017). MTQ ini berlangsung hingga 30 November mendatang.

Pembukaan ditandai dengan menabuh beduk oleh Gubsu Erry di depan Mimbar Tilawah di lapangan Desa Bintang Marsada Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi.

Gubsu didampingi Ketua Dewan Hakim Prof Said Aqil Al Munawwarah, Bupati Dairi KRA Johnny Sitohang Adinegoro, Wakil Bupati Dairi Irwansyah Pase, Plt Kakanwil Kemenag Sumut HT Darmansyah, Ketua Panitia juga Sekda Kabupaten Dairi Sebastianus Tinambunan, anggota DPRD, FKPD Dairi, ulama, tokoh masyarakat dan kontingen dari Kabupaten/Kota se-Sumut.

Gubsu Tengku Erry Nuradi dalam kesempatan itu menyebutkan, MTQ ini bertujuan bukan hanya untuk mencari prestasi, tetapi yang lebih utama adalah syiar dan dakwah serta menjadikan Alquran sebagai nafas kita, sebagai pegangan hidup yang hakiki.

“Disamping itu, tujuan penyelenggaraan MTQ sebagai pendorong dan motivasi masyarakat agar lebih mencintai, menghayati, memahami dan mengamalkan isi kandungan Alquran dalam kehidupan sehari-hari,” sebut Tengku Erry.

Pembukaan yang dihadiri ribuan umat muslim diikuti 44 kafilah dari perwakilan Kabupaten/Kota se Sumut dan utusan khusus itu, Tengku Erry berharap dewan hakim, agar kesungguhan, kearifan serta kejujuran dalam menilai seluruh peserta sesuai ilmu yang dimiliki, seraya menyampaikan penghargaan atas amanah yang diemban untuk menilai para peserta terbaik yang akan dinilai.

Gubernur juga mengapresiasi Bupati Dairi beserta jajaran, seluruh panitia dan kafilah yang hadir dari Kabupaten/kota se-Sumut dalam gelaran MTQ kali ini.

Sebelumnya, Sebastianus Tinambunan menyampaikan tuan rumah MTQ ini merupakan berkah untuk Kabupaten Dairi. “Terima kasih kepada Pak Bupati dan wakil, para tokoh muslim, seluruh rekan panitia, para ketua adat, tokoh agama serta segenap umat muslim di Kabupaten Dairi yang memberikan arahan, masukan dan berbagai sumbangan pemikiran kepada saya untuk kesuksesan acara ini,’’ ucapnya.

Sementara Bupati Dairi KRA Johnny Sitohang Adinegoro menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh peserta. “Selamat datang di bumi kopi, Kabupaten Dairi ini,’’ tutur Johnny seraya berharap kepada peserta yang berhasil meraih prestasi pada MTQ ini, untuk bersiap mengikuti event MTQ tingkat Nasional yang akan dilaksanakan tahun 2018 di Sumatera Utara.

Bupati menyampaikan, pelaksanaan MTQ tidak hanya bermakna sebagai peneguhan pemahaman terhadap ajaran agama Islam saja, tetapi lebih jauh diharapkan dapat menjadi barometer untuk mengukur hasil dari kegiatan pembelajaran Alquran yang berlangsung di masyarakat yang tersebar di Sumatera Utara.

“Selain menjadi media silaturahmi keagamaan yang efektif, juga secara nyata telah terbukti mampu menjadi daya dorong yang kuat memacu percepatan pembangunan terutama dari segi keagamaan atau pencerahan rohani dan cahaya kedamaian masyarakat Dairi hingga saat ini,” ujar Johnny. (***)

Editor: suef/haslan

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *