Tengku Erry Minta Pelaksanaan Germas Jangan Hanya Sebatas Seremoni

341 0

MEDAN (tengkuerrynuradi.com) : Untuk memfokuskan penanganan kesehatan yang sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menegah Nasional (RPJMN) bidang kesehatan, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi mengharapkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) terus digalakkan di kabupaten/kota yang ada di Sumatera Utara.

“Pelaksanaan Germas jangan hanya sebatas seremoni, namun terus digalakkan, digelorakan hingga diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,’’ ucap Tengku Erry pada puncak acara Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 tingkat Provinsi Sumatera di halaman Istana Maimun Medan, Jumat (15/12/2017).

Masyarakat harus benar-benar sadar tentang prilaku dan pola hidup sehat itu. ‘’Sebelum penyakit itu datang maka perlu dilakukan tindakan pencegahan (preventif). Karena mencegah lebih baik dari pada mengobati,’’ ucap Tengku Erry.

Untuk itu, Gubsu Erry kembali mengingatkan seluruh jajaran kesehatan yang ada di seluruh Sumatera Utara, bergandengan tangan untuk bisa memberikan amal bakti kita sebagai abdi masyarakat untuk melayani seluruh masyarakat yang ada di Sumatera Utara ini. “Teruslah berjuang agar masyarakat sadar bahwa menjaga kesehatan itu sangat penting,’’ tutur Erry.

Acara menarik dan lebih meriah saat Tengku Erry memberikan pertanyaan kepada para pelajar seputar masalah kesehatan. Pertanyaan berhadiah dari Gubsu itu untuk guna menanamkan pola hidup sehat sejak dini. Para pelajar dan peserta yang hadir sangat antusias dan berebut tunjuk tanggan untuk menjawab pertanyaan gubernur.

Gubsu Erry juga menyerahkan sertifikat kepada Rumah Sakit, Puskesmas yang berprestasi, sanitasi berbasis masyarakat, Germas dan rumah sakit pendidikan utama yang ada di Provinsi Sumatera Utara.

Sebelumnya, Kadis Kesehatan Sumut Agustama dalam laporannya menyampaikan bahwa penyelenggaraan acara puncak HKN ke-53 tingkat provinsi Sumatera Utara sudah dimulai dengan rangkaian kegiatan seperti senam bersama, upacara bendera, seminar kesehatan dengan tema sehat keluargaku dan sehat Indonesiaku, olahraga dan perlombaan, publikasi dan informasi kesehatan melalui berbagai media, bakti sosial, jambore kader posyandu, gebyar cuci tangan pakai sabun yang diikuti bersama-sama dengan Ibu Gubernur Sumatera Utara.

“Acara puncak HKN ke-53 tingkat Provinsi Sumatera Utara dilaksanakan hari ini, 15 Desember 2017 di Istana Maimon Medan, diikuti kurang lebih 3.500 orang,” sebut Agutama.

Hadir juga disitu jajaran dinas kesehatan provinsi Sumatera Utara dan kabupaten/kota, mewakili BPJS Kesehatan, para pimpinan rumah sakit seluruh Sumatera Utara, organisasi profesi di bidang kesehatan, kepala perguruan tinggi kesehatan, kepala puskesmas terakreditasi se sumatera Utara, para tenaga kesehatan teladan tingkat provinsi Sumatera Utara dan ratusan masyarakat Medan yang turut hadir. (***)

Editor: suef/haslan

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *