HKSN Di Tanjung Balai, Anggota DPD, Wali Kota Dan Mewakili Mensos Puji Gubernur Sumut

297 0

TANJUNG BALAI (tengkuerrynuradi.com) : Sejumlah kalangan dan tokoh masyarakat mengapresiasi pelaksanaan peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN), Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) tahun 2017 di Lapangan Sutan Abdul Jalil, Kota Tanjung Balai, Sabtu (23/12/2017).

Pasalnya kegiatan tersebut tidak hanya sekedar kegiatan seremoni belaka yang dibuktikan dengan banyaknya kegiatan sekaligus pemberian bantuan kepada masyarakat.

“Peringatan HKSN ini memperkukuh tekad kita sebagai bangsa untuk peduli terhadap sesama. Meskipun peringatan ini sifatnya hanya seremonial tetapi hari ini ada bukti nyata keseriusan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Pemko Tanjung Balai untuk peduli sosial. Karena persoalan ini terus berkembang jadi tidak mudah untuk diatasi,” ujar anggota DPD RI Parlindungan Purba yang turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Senada dengan Parlindungan Purba. Wali Kota Tanjung Balai HM Syahrial juga mengaku bangga atas kepedulian yang tinggi diberikan Pemerintah Provinsi Sumut dibawah kepemimpinan Gubernur Sumut Dr Ir HT Erry Nuradi MSi.

“Dari hati yang paling dalam kami mengucapkan ribuan terimakasih atas bantuan-bantuan yang diberikan kepada warga Tanjung Balai. Mudah-mudahan kita warga Tanjung Balai bisa membantu agar Bapak Gubernur Erry Nuradi melanjutkan kepemimpinannya di Sumatera Utara,”ujar Syahrial.

Lebih lanjut dikatakan Syahrial, dirinya mengharapkan dukungan warga Tanjung Balai untuk kepemimpinan Erry Nuradi agar kedepan perhatian Pemprovsu semakin besar kepada Tanjung Balai. Dalam kesempatan tersebut Walikota meminta dukungan Gubernur Erry agar mendorong pembangunan jalan lingkar utara Tanjung Balai.

Sementara itu mewakil Menteri Sosial, Direktur Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan dan Restorasi Sosial Hotman menyampaikan selamat dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas bantuan yang diberikan Pemprovsu kepada masyarakat.

Hal ini menjadi bukti nyata, bahwa baru-baru ini Gubernur Sumut menerima anugerah Satyalancana Kebaktian Sosial dari Presiden RI pada puncak peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2017 di Lapangan Makodam V/Brawijaya, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (20/12/2017).

Selain itu, Gubsu juga menerima penghargaan Dana Sharing Program Keluarga Harapan (PKH) APBD I Tertinggi dari Kementrian Sosial Republik Indonesia yang langsung diberikan Mensos Khofifah Indar Parawangsa.

“Tentunya untuk meraih penghargaan itu bukanlah hal yang mudah. Atas raihan penghargaan tersebut patut kita apresiasi.

Dalam kesempatan tersebut Hotman juga menyampaikan setidaknya 8.750 warga Tanjung Balai yang mendapat bantuan dari Kementerian Sosial dan 15 PKH. Selain itu juga satu bulan yang lalu dirinya secara langsung meresmikan setiap kelurahan sudah dipasang Wifi dan kelurahan telah bisa mengakses Debit rekening. Dengan adanya kartu Debit rekening BRI masyarakat tidak perlu lagi transaksi uang tapi menggunakan kartu debet.

Sementara itu, Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi menyampaikan bahwa pemberian bantuan sosial kepada masyarakat merupakan bukti nyata Pemerintah Provinsi Sumatera dan bukan hanya sekedar janji.

Peringatan HKSN merupakan upaya mengenang, menghayati dan meneladani semangat persatuan, kesatuan, kegotongroyongan dan kekeluargaan rakyat Indonesia yang secara bahu membahu mengatasi permasalahan dalam mempetahankan kedaulatan bangsa atas pendudukan Kota Yogyakarta sebagai ibu kota Republik Indonesia oleh tentara belanda tahun 1948 yang lalu.

Kerelaan berkorban tanpa pamrih yang tumbuh dan berkembang di dalam masyarakat tersebut harus dikembangkan, direvatilisasi, didayagunakan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pada saat ini, lanjut Erry, bangsa Indonesia masih berhadapan dengan berbagai masalah kesejahteraan sosial yang meliputi kemiskinan, keterlantaran, ketunaan, keterpencilan, dan kebencanaan yang jumlahnya tidak kecil.

Sementara pemerintah memiliki kemampuan terbatas sehingga diperlukan peran masyarakat dalam memberhasilkan pembangunan kesejahteraan sosial yang berkeadilan dan bermartabat.

“Kesetiakawanan sosial masa kini adalah instrumen menuju kesejahteraan masyarakat melalui gerakan peduli dan berbagi oleh, dari dan untuk masyarakat baik sendiri-sendiri maupun secara bersamaan berdasarkan nilai kemanusiaan, kebersamaan, kegotongroyongan dan kekeluargaan secara terencana, terarah dan berkelanjutan menuju Indonesia sejahtera khususnya Sumut,” ujar Erry.

Lebih lanjut dikatakannya, dalam rangka peringatan HKSN turut digelar kegiatan bakti sosial pemberian bantuan stimulan kepada kelompok usaha bersama (Kube) warga tidak mampu, perbaikan rumah tidak layak huni, pemberian alat bantu kepada penyandang disabilitas, sunatan massal, donor darah, dan pengobatan gratis.

“Perlu saya sampaikan kepada kube dan para penerima bantuan lainnya yang telah menerima bantuan stimulan guna mendorong meningkatkan hasil dan kualitas produk usaha ekonomis produktif yang sedang dikelola sekaligus kami harapkan dapat memanfaatkannya secara berdaya guna dan berhasil guna yang pada gilirannya akan dapat meningkatkan kesejahteraan warga binaan,” ujar Erry.

Sementara itu, Kadis Sosial Sumut Rajali menyampaikan bahwa dalam rangka peringatan HKSN Tahun 2017 Provinsi Sumut diserahkan bantuan diantaranya 680 set perlengkapan sekolah anak-anak di panti asuhan, 130 Kube bagi keluarga miskin di 5 Kabupaten Kota masing-masing sebedar Rp20 juta dengan total Rp2,6 miliar, 470 kenderaan roda dua bagi Korlap PKH se Sumut dan pemberian lain sarung sebanyak 1400 helai untuk 19 panti asuhan.

Turut hadir dalam HKSN tersebut Kadis Perkim Sumut Ida Mariana, dan sejumlah pimpinan SKPD Provsu dan Pemko Tanjung Balai serta ribuan masyarakat. (***)

Editor: suef/haslan

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *