Tengku Erry Serahkan Bantuan 1.200 Sepedamotor Operasional Desa

771 0

MEDAN (tengkuerrynuradi.com) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi menyerahkan bantuan kenderaan operasional berupa sepedamotor kepada tiga pilar, yakni Kepala Desa, Babinsa, dan Babinkambtimas.

Penyerahan bantuan sepedamotor itu dilakukan saat Tengku Erry menutup Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Sumut yang diikuti seluruh Kepala Desa dari delapan Kabupaten yang gelar di Kota Pinang, Labuhan Batu Selatan (Labusel), Minggu (24/12/2017).

Hadir disitu, Bupati Labuhanbatu Selatan Wildan Aswan Tanjung, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumut Aspan Sopian Batubara, Ketua APDESI Sumut Zainul Akhyar, Sekdakab Labusel Zulkifli, dan sejumlah Pimpinan SKPD Provsu, para kepala desa dan undangan.

Dalam kesempatan itu, Tengku Erry menyampaikan rasa syukurnya karena bisa bersilaturahmi bersama aparatur desa dari Labuhan Batu, Labuhan Batu Utara, Labuhan Batu Selatan, Padang Lawas Utara, Padang Lawas, Tapanuli Selatan, Tapteng, Madina dan juga pengurus TP PKK. Karena dengan bersilaturahmi akan dapat saling mengenal dan bertukar informasi, mendapatkan umur yang berkah dan juga insyaallah rejeki yang berlimpah, ujar Erry.

Dikatakan Erry, sesuai dengan Nawacita Presiden Joko Widodo membangun Indonesia dari pinggiran tentunya memulai pembangunan dari desa untuk mewujudkan Indonesia Hebat dan Sumatera Utara semakin Paten.

Tidak seperti saat dirinya menjabat sebagai Bupati Serdang Bedagai pada tahun 2005 lalu, saat ini kondisi keuangan desa jauh lebih baik dengan adanya Dana Desa yang bisa mencapai miliaran rupiah lebih per-desa. Sedangkan saat itu satu, desa hanya diberikan bantuan sebesar Rp5 juta.

“Seperti yang disampaikan pak Bupati Labusel tadi setiap desa saat ini bisa mendapatkan Rp1,5 miliar. Tetapi tentu dari dana yang kita peroleh itu harus bethati-hati. Karena seperti kita ketahui Kepala Desa, Bupati bahkan Gubernur banyak yang bukan berasal dari birokrat. Oleh karenya kita harus benar-benar memahami segala aturan yang ada agar tidak berurusan dengan pihak berwajib kelak,” ujar Erry lagi.

Oleh karena itu, perlu adanya peningkatan kapasitas bagi para aparatur desa maupun Aparatur Sipil Negara itu sendiri. Pemerintah Provinsi Sumut sendiri lanjut Erry terus berupaya melakulan peningkatan kapasitas terhadap ASN dan juga aparatur desa dengan sejumlah kegiatan seperti melakukan sosialisasi UU Desa, pemahaman pembuatan laporan anggaran melalui bintek maupun workshop.

“Tetapi saya yakin Kepala Desa, apalagi ada wadah APDESI akan terus meningkatkan kapasitas untuk memahami aturan. Hari ini atau istilah anak-anak zaman now, Pak Camat iri dengan Pak Lurah karena anggarannya lebih besar pak Lurah. Saya juga berharap Kepala Desa mulai memanfaatkan teknologi seperti membuat Profil Desa sehingga informasi mengenai suatu desa dengan mudah diakses. Oleh karena kita harus bersinerji dari desa, kecamatan, kabupaten kota, provinsi dan pemerintah pusat untuk menjadikan Indonesia Hebat dan Sumut lebih paten,” ujar Erry sambil tersenyum.

Guna peningkatan kapasitas Kepala Desa, Pemprovsu juga melakukan penilaian desa dan kelurahan terbaik yang dilakukan secara berjenjang dari tingkat kecamatan, Kabupaten Kota dan juga tingkat Provinsi.

Dengan adanya penilaian ini setidak aparatur desa semakin termotivasi menjadi desa terbaik. Dan tidak kalah pentingnya lanjut Gubsu, Pemprovsu memberikan dukungan kepada tiga pilar desa yakni Kepala Desa, Babinsa dan Babinkamtibmas.

“Seperti hari ini kita memberikan bantuan tiga pilar desa kenderaan operasional sepeda motor. Total bantuan kita tahun ini sebanyak 1.200 unit. Insyaallah tahun depan akan kita lanjutkan lagi bantuan ini untuk yang belum mendapatkan. Hari ini kita juga memberikan bakal seragam PKK setiap desa dan kelurahan 20 pieces,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Labusel Wildan berharap melalui Rakerda dapat meningkatkan wawasan Kepala Desa dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dalam pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. Selain itu juga melalui Rakerda yang digelar sejak tanggal 22 Desember 2017 dapat menjadi ajang bertukar informasi produk unggulan yang nantinya dapat diterapkan di daerah masing-masing.

“Saya ucapkan selamat datang kepada Bapak Gubernur dan rombongan. Semoga bapak senantiasa diberi kesehatan dan melanjutkan pembangunan di Sumut dimasa mendatang,” ujarnya.

Sementara itu, Kadis PMD Sumut Aspan Sopian mengatakan Pemprovsu dibawah kepemimpinan Dr HT Erry Nuradi akan terus memberikan perhatian lebih untuk pembangunan Desa dengan total Desa dan kelurahan di Sumut.

“Melalui Rakerda ini, Gubsu pun berharap dapat melahirkan program-program kerja yang mendukung pengembangan Desa sebagaimana yang diterapkan dalam Nawa Cita,” ujarnya. (***)

Editor: suef/haslan

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *