Gubernur Imbau Masyarakat Dukung Aksi Kemanusiaan Ke Suriah

218 0

MEDAN (bareskrim.com) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi mengimbau masyarakat untuk mendukung aksi kemanusiaan dengan memberi bantuan dari Indonesia untuk warga di Suriah. Bantuan yang diperoleh sebesar Rp15 miliar selama tujuh hari pun mendapat apresiasi dari gubernur.

Hal itu disampaikan Tengku Erry saat menerima kunjungan NGO Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) di kantor Gubsu di Medan, Selasa (10/4/2018).

Hadir disitu Eko Sujatmoko selaku pimpinan ACT, Ronio Romantika (Branch Head) dan Yessy di bagian operasional. Sedangkan Gubernur didampingi Kadis Kominfo Sumut HM Fitriyus, Kepala BPBD Sumut Riadil dan Kabag Humas Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu Indah Dwi Kumala.

Dari diskusi singkat tersebut, disampaikan bahwa ACT terus bergerak mengumpulkan bantuan untuk kemanusiaan di Negara Suriah (Syria), termasuk juga di Palestina.

Pimpinan ACT di Sumut, Eko Sujatmoko menyampaikan kepada Gubsu tentang berbagai kegiatan mereka di tahun ketiga ini terkait kepedulian terhadap sesama. “Kegiatan seperti ini cukup bagus dalam membantu masyarat yang kurang mampu,” ujar Gubsu Erry.

Karenanya, Gubsu Erry mengimbau dan mengajak seluruh masyatakat Sumut untuk ikut mensukseskan pengiriman beras kemanusiaan ke Suriah, yang akan dilaksanakan pada 21 April 2018 mendatang.

Sementara Pimpinan ACT Eko Sujatmoko mengatakan, bantuan yang mereka kumpulkan dalam waktu tujuh hari mencapai Rp15 milir lebih. Namun angka yang cukup besar ini menurutnya masih tergolong kecil, meskipun untuk urusan kemanusiaan ini sangat berarti. Atas dasar itu, pihaknya meminta agar Gubernur menyampaikan kepada seluruh kabupaten/kota agar mendorong aksi kemanusiaan ini.

“Kita ada di 33 kabupaten/kota, namun masih 21 daerah yang aktif di Sumut. Meskipun kita tahu berada di Sumut, namun keberadaanya sudah melampaui lembaga yang sudah 15 tahun berdiri, baik dari segi aksi dan bantuan. Jumlah relawan kita ada sekitar 500 orang di Sumut,” katanya.

Sedangkan untuk kegiatan di dalam negeri khususnya di Sumut, Eko mengatakan saat ini lembaga ACT yang diartikulasikan sebagai action (aksi), telah memberikan bantuan kepada kaum dhuafa seperti tukang sampah dan penarik becak. Kegiatan ini digelar melalui mobil food friends, dimana kesehariannya, ada 500 nasi bungkus yang dibagikan.

“Bahkan bukan kami saja, ada juga yang ikut membantu, seperti rumah makan. Jadi hitungan kita, jika penarik becak mendapatkan penghasilan dalam jumlah tertentu, maka kalau uang makannya tidak dikeluarkan membeli nasi, kan bisa diberikan kepada anaknya,” sebutnya, yang mengatakan aksi ini berlangsung sejak dua tahun lalu.

Selain itu, atas perhatian yang cukup besar, ACT memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Gubernur dengan menjadikan orang nomor satu di Pemprovsu itu sebagai Keluarga Kehormatan ACT.

Erry pun diberikan tanda berupa kaos bergambar aksi kemanusiaan untuk Suriah yang pengiriman beras melalui pelabuhan Belawan. (***)

Editor: suef/haslan

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *