Safari Ramadhan Di Sergai, Gubernur: Tingkatkan Jalinan Ukhuwah Islamiyah

227 0

SERDANG BEDAGAI (tengkuerrynuradi.com) : Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) yang dipimpin Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr Ir HT Erry Nuradi MSi melakukan Safari Ramadhan ke Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Rabu (23/5/2018).

Hadir disitu Bupati Sergai Soekirman, Ketua TP PKK Provsu Ny Hj Evi Diana Erry, para OPD Provsu, Wakil Bupati Sergai Darma Wijaya, unsur Forkopimda Sergai, Sekdakab Hadi Winarno, Ketua TP PKK Sergai Hj Marliah Soekirman, Ketua GOPTKI Rosmaida Darma Wijaya, Ketua DWP Drg Hj Khairani Hadi Winarno, Para OPD, Camat dan Ketua TP PKK Kecamatan, para alim ulama, tokoh masyarakat, tokoh agama dan insan Pers.

Acara yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Sergai tersebut ditandai dengan pemberikan bantuan secara simbolis oleh Gubsu kepada 100 anak yatim dan 100 orang tokoh agama.

Dalam sambutannya, Gubsu Erry Nuradi mengaku merasa senang dan bahagia karena dapat bertemu dan bertatap muka dengan masyarakat Sergai. “Saya hadir di sini serasa pulang kampung seperti slogan Marsipature Hutanabe,” ujarnya.

Safari Ramadhan merupakan budaya yang ada di Indonesia seperti Halal Bi Halal pada bulan Syawal. “Agenda tahunan ini dilakukan sebagai momentum memperkuat dan menjalin ukhuwah Islamiyah diantara kita,” katanya.

Terkait Pilgubsu dan Pilkada serentak yang akan digelar Juni mendatang, Erry Nuradi mengimbau agar semua pihak baik pemerintah, tokoh agama dan alim ulama, serta masyarakat jangan sampai terkotak-kotak dan terpecah belah, hanya karena berbeda pilihan dan mudah terpancing dengan isu-isu negatif dan ujaran kebencian.

Selain itu, masyarakat juga diingatkan untuk meningkatkan kewaspadaan pasca kejadian bom di Surabaya dan Riau terakhir ini. “Saya yakin bahwa apabila seluruh unsur pemerintah, Forkopimda, stakeholder, tokoh masyarakat dan agama serta masyarakat bersatu maka akan terjaga suasana kondusif. Dan apabila suasana kondusif tentunya pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat dapat terlaksana dengan baik. Marilah kita bergandengan tangan untuk membangun Tanah Bertuah Negeri Beradat dan Negeri Berbilang Kaum ini,“ ajak Erry.

Melihat perkembangan pembangunan Sergai, walaupun masih berusia 14 tahun dan merupakan kabupaten ke 25 dari 33 kabupaten/kota yang ada di Sumut, cukup dapat mengejar ketertinggalan dengan kabupaten/kota lain. “Saya berharap kedepan harus tetap dipertahankan dan ditingkatkan lagi,” katanya.

Sebelumnya, Bupati Sergai Ir H Soekirman menyampaikan, bulan Ramadhan sebagai terapi yang paling ampuh atau mujarab dalam meredam semua tindakan dan perilaku yang tidak terpuji serta dilarang agama. “Untuk itu, marilah kita segenap elemen masyarakat baik di Sergai, Sumut dan seluruh wilayah Indonesia terus meningkatkan ketaqwaan serta pengendalian diri dalam bulan mulia ini,“ ucapnya.

Disampaikan Bupati, bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sergai sebelum bulan Ramadhan telah melakukan budaya punggahan menyongsong bulan puasa di lebih 800 masjid. Tujuannya untuk merekatkan antar sesama masyarakat.

Selain itu, Baznas Sergai juga telah melakukan sosialisasi mengenai pembagian dan penghitungan zakat. “Kemudian melakukan operasi pasar, dalam pantauan di lapangan bahwa kebutuhan masyarakat terpenuhi selama bulan Ramadhan dengan harga yang masih terjangkau di masyarakat,” ujarnya.

Untuk lebih memaknai kegiatan ini, diisi dengan tausiyah dari Prof DR M Hatta yang juga sebagai Ketua MUI Kota Medan. Dikatakannya, puasa jangan hanya untuk menahan lapar dan dahaga saja. “Tetapi hendaknya puasa ini juga membawa keberkahan bagi yang melaksanakannya,” ujar Hatta.

Juga perlu adanya aqidah ketauhidan dalam setiap diri umat beragama, sehingga seseorang mempunyai keyakinan yang kokoh serta menjadikannya manusia yang berkualitas, yang pasrah kepada Islam.

“Artinya bukan pasrah dengan tidak melakukan apa-apa dan berputus asa tetapi pasrah untuk selalu tunduk dengan menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya,” jelas Hatta. (***)

Editor: suef/haslan

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *