Tengku Ryan Promosikan Sumut Kepada Pemimpin Pemuda Dunia Di Jepang

265 0

JEPANG (tengkuerrynuradi.com) : Lokal President Junior Chamber International (JCI) Chapter Medan, Tengku Ryan Novandi, memaparkan potensi investasi dan pariwisata Provinsi Sumatera Utara di hadapan seluruh delegasi internasional JCI dan youth leader pada pertemuan di Kagoshima, Jepang, 24 Mei 2018.

Dihadapan delegasi internasional yang dihadiri lebih kurang 200 pemimpin pemuda dunia tersebut, Ryan yang merupakan putra sulung Gubernur Sumut Dr Ir H Tengku Erry Nuradi MSi itu menyebutkan, Provinsi Sumatera Utara dengan ibukota Medan tersebut dapat ditempuh satu jam penerbangan dari Singapura dan Kuala Lumpur ke Kualanamu International Airport (KNIA).

Sumatera Utara dengan jumlah penduduk 14 juta jiwa yang multi etnis ini memiliki warisan historis dan kaya akan flora serta fauna. “Ekspor utama komoditi adalah karet, teh, minyak sawit, cocoa, kopi dan tembakau juga potensi laut dan perikanannya cukup baik,” sebut Ryan kepada media saat tiba di Medan, Selasa (29/5/2018).

Saat ini, pemerintah Indonesia sedang mengembangkan kawasan pariwisata Danau Toba menjadi daerah tujuan wisata internasional. “Para investor dunia dapat memanfaatkan peluang ini,” ucap Ryan dimana Danau Toba sedang dijajaki menjadi Global Geopark dari UNESCO.

Selain Danau Toba, daerah wisata di Sumatera Utara juga ada pusat rehabilitasi orangutan di objek wisata Bukit Lawang, ada wisata lompat batu di Pulau Nias, selanjutnya ada wisata religi yakni makam Barus di Tapanuli Tengah dan masih banyak lainnya.

Sementara, kata Ryan, mengenai potensi investasi, Sumut memiliki 10 bandara, dua diantaranya bandara internasional yakni Kualanamu dan Silangit yang dekat dengan Danau Toba.

Untuk jalur laut, Sumut memiliki Pelabuhan Belawan, Kuala Tanjung dan Tanjung Balai. Untuk kawasan industri ada Sei Mangke di Simalungun yang dekat dengan Pelabuhan Hub Internasional Kuala Tanjung di Kabupaten Batu Bara. “Semua ini akan terkoneksi dengan kereta api dan jalan tol yang sedang dikerjakan,” tutur Ryan.

Tahun ini, merupakan kehormatan besar bagi JCI Indonesia Chapter Medan untuk menjadi tuan rumah Konvensi Nasional pada Oktober 2018 mendatang. “Jadi, saya mengambil kesempatan ini untuk benar-benar mengundang semua tamu terhormat dan delegasi Internasional untuk datang mengunjungi dan mendukung kami. Saya sangat senang dan bangga mengatakan bahwa Medan, Sumatera Utara memiliki banyak hal yang ditawarkan,” demikian Ryan. (***)

Editor: suef/haslan

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *