Ramadhan Asah Integritas Dan Keadilan Sosial

50 0

MEDAN (tengkuerrynuradi.com) : Selain belajar mengendalikan diri, berpuasa pada bulan Ramadhan juga banyak mengajarkan kita nilai-nilai moral dan kebaikan. Mengasah integritas dan keadilan sosial merupakan dua diantara nilai moral penting yang bisa dipetik dari berpuasa.

Hal ini disampaikan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr Ir H T Erry Nuradi MSi saat menghadiri Buka Puasa Bersama Keluarga Besar Pengadilan Tinggi Medan dengan Forkopimda Provinsi Sumatera Utara (Sumut), di Kantor Pengadilan Tinggi Medan Jalan Ngumban Surbakti, Rabu (6/6/2018).

Menurut Erry, pribadi yang berintegritas adalah sosok yang menjungjung tinggi kejujuran dan teguh memegang prinsip. “Berpuasa pada bulan Ramadhan ini merupakan salah satu latihan kita untuk mengasah integritas. Kita mau batal puasa atau tidak, tidak ada yang tahu. Kita yang berkomitmen dan jujur dengan diri kita sendiri, dan bertanggung jawab terhadap perintah Allah SWT,” ujarnya.

Selain integritas, Erry juga menilai bahwa puasa mengajarkan tentang keadilan sosial. Secara kolektif, umat Islam menahan lapar dan haus. Ini merupakan salah satu bentuk sederhana keadilan sosial, yakni mencoba memahami dan mencoba mananggung penderitaan orang-orang yang selama ini kelaparan karena tidak mampu secara ekonomi.

“Hari ini, kita berbuka puasa di Pengadilan Tinggi, salah satu tempat memperoleh keadilan hukum. Bersama-sama, mari kita semua berkomitmen, khususnya di bulan Ramadhan ini, meningkatkan rasa keadilan sosial kita. Apabila ada rezeki berlebih tak ada salahnya kita berbagi dengan saudara kita kaum dhuafa,” kata Erry.

Ketua Pengadilan Tinggi Medan Dr H Cicut Sutiarso SH MHum menyampaikan bahwa Acara Buka Puasa Bersama ini dilaksanakan untuk menjalin silaturahmi. “Kita Pengadilan Tinggi Medan bertugas untuk memberikan pelayanan hukum yang sebaik-baiknya terhadap masyarakat. Menjalin silaturahmi seperti ini tentunya sangat penting bagi kita, dengan Forkopimda dan semua pihak terkait, sehingga terjalin kordinasi dan kerja sama yang baik dan akhirnya memperlancar proses kerja kita,” ujar Cicut.

Sementara itu, Ustadz Prof Dr H Abdullah Jamil MSi dalam tausiyahnya, menyampaikan bahwa ada 7 perilaku insan manusia yang dicintai oleh Allah SWT. Ketujuh perilaku tersebut yakni manusia yang bertaqwa, bertawakkal, senang melakukan kebaikan, bertaubat, kebersihan harta, sabar, dan berlaku adil.

Selain buka puasa bersama, dilaksanakan pula penyerahan santunan kepada anak yatim dari Yayasan Kasih Bunda, sholat maghrib, isya, dan taraweh berjamaah.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumut H Wagirin Arman SSos, Kepala Kejaksaan Tinggi Sumut Bambang Sugeng Rukmono, mewakili Walikota Medan, mewakili Pangdam I, Komandan Lantamal I Laksamana Pertama TNI Ali Triswanto, unsur Forkopimda Medan dan seluruh pegawai Pengadilan Tinggi Medan. (***)

Editor: suef/haslan

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *