Walau Ada Badai, Jamaah Haji Sumut Tetap Semangat

160 0

MEKKAH (tengkuerrynuradi.com) : Jamaah haji Sumatera Utara khususnya Kloter 12 Embarkasi Medan tetap khusyuk menjalani rangkaian ibadah di tanah suci Mekkah.

Walau hujan deras dan angin kencang melanda Kota Mekkah dan sekitarnya pada malam sebelum pelaksanaan wukuf di Arafah, jamaah haji Kloter 12 Embarkasi Medan tetap semangat.

‘’Semalam sebelum magrib ada hujan dan angin kencang. Alhamdulillah, baqda Isya normal lagi. Hari ini saat pelaksanaan khutbah wukuf abis shalat Zuhur, cuaca panas,’’ ucap mantan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi kepada media di Medan melalui pesan Whatsapp, Senin (20/8/2018).

Dalam rombongan jamaah haji Kloter 12 tersebut terlihat pula anggota DPD RI Dedi Iskandar Batubara, pejabat Pemprov Sumut Ibnu S Hutomo dan OK Henry. Dalam foto terlihat jamaah haji Kloter 12 sedang memanjatkan dipandu Ustadz KH Zulfikar Hajar.

Dalam kesempatan itu jamaah haji Sumut juga turut mendoakan korban gempa di NTB dan Bali, juga mendoakan Indonesia khususnya Sumut tetap kondusif, maju dan rakyat sejahtera. ‘’Kami juga mendoakan altet-atlet Indonesia yang sedang berjuang di ajang Asian Games XVIII Jakarta-Palembang meraih prestasi lebih baik,’’ demikian Tengku Erry.

Seperti diketahui, wukuf di Arafah adalah salah satu rukun haji yang mengharuskan jamaah haji hadir dan berada di sekitar Padang Arafah dengan berkendaraan bus dari Mekkah. Jarak Mekkah ke Arafah 10 km.

Wukuf di Arafah dilakukan baik itu dalam keadaan tidur ataupun bangun, berkendara ataupun duduk, berbaring ataupun berjalan dan dalam keadaan suci ataupun tidak.

Waktu wukuf dimulai pada tanggal 9 Dzulhijjah saat tergelincirnya matahari sampai terbitnya matahari pada tanggal 10 Dzulhijjah. Wukuf wajib dilakukan oleh semua jamaah haji yang melaksanakan ibadah haji. Seluruh jamaah haji dari berbagai penjuru dunia berkumpul disini. (***)

Editor: suef/haslan

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *