YKI Sumut Sosialisasikan Kanker Retinoblsatoma Pada Anak

58 0

MEDAN – Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Sumatera Utara, Ny. Hj. Evi Diana Sitorus mengatakan, anggapan masyarakat tentang penyakit kanker hanya terdapat pada usia dewasa terutama usia lanjut, kurang tepat. Sebab penyakit kanker pada anak-anak bisa saja terjadi.

“Kanker bola mata atau yang dikenal sebagai retinoblastoma dapat menyerang anak-anak. Oleh sebab itu, mari kita cegah penyakit tersebut sejak dini. Jika mendapati gejalanya segera lah ke dokter,” ucap istri mantan Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi ini dalam sambutannya di seminar dan workshop Retinoblastoma untuk masyarakat awam di Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara (USU) Jalan Dr Mansur Medan, Jumat (8/2/2019).

Pada acara yang dihadiri Dekan FK USU DR dr Aldy Rambe, SpS (K) tersebut, YKI Sumut terus melakukan sosialisasi tentang bahaya penyakit kanker bola mata terutama yang menyerang anak-anak.

Dimana, kegiatan ini berlangsung dua hari dan hari kedua akan dilaksanakan pelatihan ‘Deteksi Dini Kanker Retinoblsatoma’ bagi dokter umum di Rumah Sakit Mata Provinsi Sumatera Utara yang diharapkan akan menjadi lini terdepan dalam menemukan penyakit kanker retinoblastoma pada anak-anak secara dini.

“Semua jenis penyakit kanker dapat disembuhkan bila ditemukan secara dini dan bila masih dalam tahap awal,” tutur Evi.

Evi juga menyebutkan, kegiatan yang dilakukan YKI Sumut juga dalam rangka World Cancer Day 2019 ini guna membantu pemerintah untuk memerangi penyakit kanker di Indonesia melalui tindakan promotif, prefentif, dan suportif. ‘’Salah satu program kerja utama YKI adalah peningkatan pengetahuan masyarakat tentang penyakit kanker pada anak-anak,’’ ucap Evi.

Diakhir sambutannya, Evi menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah mendukung dan memberikan bantuan sehingga kegiatan ini dapat terlaksana, terutama kepada pihak pimpinan Fakultas Kedokteran USU, pimpinan RS USU, pimpinan RS Mata Propinsi Sumatera Utara, Pengurus PERDAMI Cabang Sumatera Utara, Departemen Ilmi Penyakit Mata Fakultas Kedokteran USU.(***)

Related Post

Stop Radikalisme Masuk Kampus

Posted by - 16 Oktober 2017 0
MEDAN (tengkuerrynuradi.com) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi mendukung aksi kebangsaan Perguruan Tinggi melawan radikalisme masuk kampus.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *