Tengku Erry Tanam Mangrove Di Danau Siombak

219 0

MEDAN – Danau Siombak yang terletak di Kelurahan Paya Pasir, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan kini menjadi perhatian serius masyarakat. Selain masalah sampah, juga masalah infrastruktur yang masih belum memadai.

Hal ini mendapat perhatian dari sejumlah tokoh masyarakat, para penggiat lingkungan maupun pemerintah daerah, termasuk mantan Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi.

Saat mengunjungi Danau Siombak, Sabtu (23/2/2019), Tengku Erry menanam bibit mangrove (bakau) dipinggir danau guna mencegah abrasi dan berkembangbiaknya ikan, baik untuk kesimbangan lingkungan.

‘’Semua pihak harus bersinerji  menjadikan Danau Siombak sebagai destinasi wisata andalan Kota Medan. Baik itu NGO atau LSM, aktivis lingkungan bersama masyarakat dan pemerintah daerah mewujudkan lingkungan Siombak bersih, indah dan berseri,’’ ucap Tengku Erry.

Tengku Erry menanam bibit mangrove tersebut didampingi putra sulungnya, Tengku M. Ryan Novandi bersama aktivis lingkungan, tokoh masyarakat dan para mahasiswa. Tengku Erry Nuradi dan Tengku M. Ryan Novandi merupakan Caleg DPR RI dan DPRD Sumut, sama-sama nomor urut 2 dari Partai NasDem.

Sebelum menanam bibit mangrove, Tengku Erry bersama Tengku Ryan berjalan kaki mengeliling pemukiman warga di sekitar danau. Mereka bersilaturahmi, berbincang dengan warga setempat dari pintu ke pintu.

Usai menanam bibit mangrove dan mengunjungi rumah-rumah warga, Tengku Erry bertatap muka sekaligus makan siang di warung lesehan Pak Hasibuan bersama sejumlah elemen masyarakat.

Hadir disitu Ketua Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) Sumut Abdul Rahman yang akrab disapa Dedek Ray, tokoh pemuda, akademisi Aulia Andri dan Joharis Lubis, tokoh masyarakat Medan Utara Saharuddin dan Raden Imam Suriono, Ketua KNTI Sumut Muhammad Isa Al Basir, penggiat lingkungan Wibi Nugraha, pengurus Gerbang Swara dan Kartika Gerbang Swara, para mahasiswa pencinta lingkungan dan masyarakat Medan Utara lainnya.

Dalam ramah-tamah tersebut, tokoh masyarakat Medan Utara, Raden Imam Suriono dan Saharuddin mengajak masyarakat mendukung penuh langkah yang diambil Tengku Erry Nuradi, adik kandung mantan Gubsu HT Rizal Nurdin tersebut maju calon anggota parlemen di Senayan (DPR RI) bersama putra sulungnya Tengku M. Ryan Novandi sebagai caleg DPRD Sumut Dapil 1 Medan A.

‘’Kita membutuhkan wakil di pusat yang berpengalaman, cerdas dan santun seperti Tengku Erry dan muda penuh wawasan seperti Tengku Ryan yang Insya Allah amanah membawa dan memperjuangkan aspirasi masyarakatnya,’’ jelas Raden Imam Suriono.

Sebelumnya, Ketua AMPG Sumut Dedek Ray mengapresiasi kehadiran Tengku Erry Nuradi yang sekaligus memberi dukungan kepada Wibi Nugraha, penggiat hutan mangrove agar masuk dalam nominator dan menerima Kalpataru tahun 2019 ini.

Acara yang di selenggarakan dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional ini, juga ditandai dengan memasang bambu untuk penahan sampah dari Sei Bedera yang terbawa arus ke Siombak. ‘’Sedikitnya 400 batang bambu dirakit sebagai penyangga sampah disiapkan guna mencegah genangan sampah mencemari Danau Siombak,’’ tutur Dedek Ray.

FOTO TERKAIT:

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *