Industri Keuangan Didorong Giat Berikan Pemahaman Pembiayaan Syariah Kepada Masyarakat

149 0

MEDAN – Tingkat pemahaman masyarakat atau tingkat literasi seputar multifinance syariah masih rendah. Sehingga diperlukan kerja keras untuk meningkatkan pemahaman yang baik tentang multifinance syariah kepada masyarakat khususnya dan mendorong kesadaran para pelaku industri keuangan terhadap multifinance syariah.

Hal itu disampaikan Ketua Umum (Ketum) Pengurus Wilayah (PW) Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatera Utara (Sumut), Tengku Erry Nuradi, pada Roadshow Multifinance Syariah (RMS) Sumatera Utara 2019 di gedung Bank Sumut Jalan Imam Bonjol Medan, Kamis (27/6/2019).

Hadir disitu Sekjen Pengurus Pusat MES Edy Setiadi, Direktorat IKNB Syariah OJK Asadulloh Sefnado, Deputi Direktur Pengawasan Lembaga Keuangan OJK Regional V Medan Uzer Syah, Direktur Syariah Bank Sumut TM Jefri, Head of Syariah Adira Finance Yusron, perwakilan Pemko Medan GT Arman Sofyan, para pengurus MES Sumut, panitia dan undangan.

Erry menyebutkan, rendahnya tingkat pemahaman tersebut dapat dilihat dari perkembangan multifinance atau pembiayaan syariah Indonesia tahun ini mengalami penurunan sebesar 29,63 persen dari tahun lalu. Berdasarkan data OJK pada April 2019, total pembiayaan syariah dari multifinance syariah mencapai Rp19.072.362.000.000 atau 3,997 persen dari total pembiayaan seluruh multifinance sebesar Rp477.133.501.000.000. Jika dibandingkan total pembiayaan multifinance syariah pada April 2018, maka ditahun 2019 ini mengalami penurunan sebesar 29,63 persen.

Hal serupa, lanjut Erry, juga terjadi di Sumatera Utara. Total pembiayaan multifinance syariah Rp496.960.000.000 atau 2,72 persen dari total pembiayaan seluruh multifinance sebesar Rp18.267.893.000.000. Jumlah pembiayaan April 2019 ini menurun 25,11 persen dari April tahun lalu.

Atas dasar tersebut, kata Erry, MES sebagai wadah bagi memasyarakatkan ekonomi syariah dan mensyariahkan ekonomi masyarakat selalu berkepentingan dalam mendorong perkembangan praktik ekonomi syariah termasuk keuangan syariah. Multifinance syariah masih belum menjadi alternatif dalam memanfaatkan keuangan syariah oleh masyarakat, oleh karena itu program RMS ini menjadi penting. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman secara komprehensif tentang pembiayaan syariah.

Kegiatan RMS Sumut 2019 ini merupakan kegiatan roadshow nasional yang dilaksanakan MES bekerjasama dengan PT Adira untuk melakukan sosialisasi dan edukasi multifinance syariah kepada masyarakat.

Materi RMS ini diberikan tentu saja oleh narasumber yang sangat berkompenten dalam bidangnya. Kami berharap peserta dapat mengikutinya hingga selesai, karena momen ini sangat jarang diperoleh didaerah kita ini. ‘’Kepada Pengurus Pusat MES, OJK, dan seluruh narasumber kami ucapkan terima kasih. Kami juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada para sponsor kegiatan RMS ini terutama PT Adira dan terkhusus kepada Bank Sumut,’’ tutup Erry.

FOTO TERKAIT:

 

 

 

 

 

 

 

 

Related Post

Halo dunia!

Posted by - 7 Oktober 2017 0
Selamat datang di WordPress. Ini adalah pos pertama Anda. Edit atau hapus pos ini, lalu mulailah menulis!

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *